Rabu, 06 November 2024

Koneksi Antar Materi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 Salam Hebat Bapak Ibu Guru Hebat Indonesia!


Saya Fadly, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat. Selama menempuh pendidikan guru penggerak saya di dampingi pengajar praktik, Ibu Elfina Oktafani, S.Pd dan Fasiltator Bapak H. Durajat, M.Pd


Tujuan Pembelajaran Khusus :  

CGP mampu menghubungkan materi modul ini dengan modul-modul yang didapatkan sebelumnya

Sabtu, 02 November 2024

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 9

Salam Hebat Bapak Ibu Guru Hebat Indonesia!


Saya Fadly, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat. Selama menempuh pendidikan guru penggerak saya di dampingi pengajar praktik, Ibu Elfina Oktafani, S.Pd dan Fasiltator Bapak H. Durajat, M.Pd

Pada refleksi dwi mingguan kali ini saya menggunakan model 4C (Connection, challenge, concept, dan change). Model ini dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison (2011). Model ini cocok untuk digunakan dalam merefleksikan materi pembelajaran. 

Berikut ini refleksi saya berdasarkan beberapa pertanyaan kunci yang menjadi panduan dalam membuat refleksi model ini:

Connection : Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran Anda sebagai Calon Guru Penggerak?

Jumat, 01 November 2024

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Salam Hebat Bapak Ibu Guru Hebat Indonesia!

Saya Fadly, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat. Selama menempuh pendidikan guru penggerak saya di dampingi pengajar praktik, Ibu Elfina Oktafani, S.Pd dan Fasiltator Bapak H. Durajat, M.Pd


Tujuan Pembelajaran Khusus
  1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  2. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B-A-G-J-A dari tayangan video yang ada.
  3. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  4. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini

Pertanyaan Analisis Video
  1. Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi ?

Kamis, 24 Oktober 2024

3.1.j.1. Blog Rangkuman Koneksi Antar Materi - Modul 3.1

Salam Hebat Bapak Ibu Guru Hebat Indonesia!


Saya Fadly, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat. Selama menempuh pendidikan guru penggerak saya di dampingi pengajar praktik, Ibu Elfina Oktafani, S.Pd dan Fasiltator Bapak H. Durajat, M.Pd

Tujuan Pembelajaran Khusus :
  1. CGP membuat kesimpulan (sintesis) dari keseluruhan materi yang didapat, dengan beraneka cara dan media.
  2. CGP dapat melakukan refleksi bersama fasilitator untuk mengambil makna dari pengalaman belajar dan mengadakan metakognisi terhadap proses pengambilan keputusan yang telah mereka lalui dan menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan yang dilakukannya.

“Mengajarkan anak menghitung itu baik, namun mengajarkan mereka apa yang barharga/utama adalah yang terbaik” (Bob Talbert)

Rabu, 16 Oktober 2024

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Kelas X Jurusan Perhotelan

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Kelompok V

Perhatikan video berikut dengan seksama!
Tugas Kelompok V : Buatlah kesimpulan dalam bentuk power point dan presentasikan di depan kelas secara berkelompok, kemudian secara individu kerjakanlah tugas di bawah ini: 
  • jelaskanlah ruang lingkup pekerjaan dari Room attendant atau public area attendant!
  • jelaskanlah job deskripsi dari room attendant atau public area attendant!
  • Jelaskanlah kualifikasi pekerjaan pada room attendant atau public area attendant!

Kelompok A

Selasa, 08 Oktober 2024

Koneksi Antar Materi Modul 2.3 Coaching Untuk Supervisi Akademik

Salam dan Bahagia Bapak / Ibu Guru Hebat Indonesia!

Perkenalkan saya Fadly, S.Pd, CGP Angkatan 11 Kabupaten Pasaman Barat. Penagajar Praktik saya Ibu Elfina Oktafani, S.Pd dan Bapak Fasilitator H. Durajat M.Pd

Pada Kesempatan Kali ini akan saya bahas Kesimpulan dan Refleksi Modul 2.3 Coaching Supervisi untuk Supervisi Akademik. Saya Mulai dengan menjawab pertanyaan pemantik Berikut :

  • Bagaimana peran Anda sebagai seorang coach di sekolah dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya di paket modul 2 yaitu pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial dan emosi?
  • Bagaimana keterkaitan keterampilan coaching dengan pengembangan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran?

Senin, 16 September 2024

Koneksi Antar Materi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional

Salam dan Bahagia Bapak / Ibu Guru Hebat Indonesia!

Perkenalkan saya Fadly, S.Pd, CGP Angkatan 11 Kabupaten Pasaman Barat. Penagajar Praktik saya Ibu Elfina Oktafani, S.Pd dan Bapak Fasilitator H. Durajat M.Pd

Pada Kesempatan Kali ini akan saya sampaikan Koneksi Antar Materi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional. Saya Mulai dengan menjawab pertanyaan pemantik Berikut :

Apa kesimpulan tentang perubahan pengetahuan, keterampilan, sikap sebagai pemimpin pembelajaran setelah mempelajari pembelajaran sosial dan emosional?

Kamis, 05 September 2024

Job Profile : Telephone Operator Hotel

 Job Profile : Telephone Operator Hotel

Sumber Bacaan ( https://hospitality.my.id/fo/telephone.php ) 

Telephone Operator adalah seksi yang juga sangat penting di Front Office Department. Seksi Telephone Operator ini dipimpin oleh seorang Chief Communications atau Chief Telephonist.

Tugas-tugas utama Telephone Operator adalah :Menerima telpon dari luar dan dalam hotel.
  • Menyambungkan telpon ke bagian atau department yang dituju.
  • Menangani tagihan telpon untuk tamu yang melakukan sambungan telpon ke luar hotel.
  • Menangani wake up call.
  • Menangani music untuk lobby dan public area.
  • Mengontrol alarm kebakaran.

MENERIMA DAN MENYAMBUNGKAN TELEPHONE

Telephone Operator harus mengikuti standard penerimaan telephone yang ditentukan oleh masing-masing hotel, diantaranya :
  • Telephone operator selalu menerima telephone dengan suara yang ramah dan sopan.
  • Telephone harus diangkat sebelum dering ketiga. Ini untuk memastikan bahwa hotel akan selalu memberikan pelayanan yang cepat dan professional.
  • Telephone Operator menanyakan nama penelpon, dan menuliskannya di notebook yang selalu tersedia di depannya. Ini penting karena ia melayani sangat banyak penelpon, sehingga terkadang mudah lupa.
  • Saat akan menyambungkan telephone ke extension yang diminta, Telephone Operator meminta penelpon untuk menunggu sebentar dengan sopan.
  • Jika orang di extension yang dituju mengangkat telephone, Telephone Operator menanyakan apakah akan menerima telpon dari penelpon. Jika iya, sambungan telephone bisa dilepas, tapi jika tidak ingin menerima, Telephone Operator bisa mengatakan yang bersangkutan sedang ada tamu, dan menawarkan penelpon untuk meninggalkan pesan.
  • Jika ada penelpon menanyakan nomor kamar tamu, Telephone Operator tidak boleh memberikannya. Ini berkaitan dengan privacy tamu yang harus selalu dijaga. Telephone Operator bisa mengatakan bahwa "Mohon maaf, kami tidak diijinkan untuk menyampaikan nomor kamar tamu." Jika tamu yang dituju tidak mengangkat telephone di kamar, Telephone Operator akan menawarkan penelpon untuk meninggalkan pesan atau bisa menelpon lagi di lain waktu.
  • Pesan yang diterima harus segera disampaikan kepada penerima. Pesan untuk manager atau karyawan hotel, bisa ditaruh di pigeon hole masing-masing department, sedangkan pesan untuk tamu harus segera dikirim ke kamar oleh Bell Boy dalam amplop tertutup.
  • Jika hotel menggunakan computer system yang ada fitur pesan, Telephone Operator akan mengetikkan pesan di fitur pesan kamar yang bersangkutan, mencetaknya, dan mengirimnya ke kamar, kemudian mengaktifkan fitur pesan di sistem, agar lampu pesan di telephone yang ada di kamar tamu menyala.
  • Permintaan sambungan keluar, baik oleh tamu maupun department head atau manager lainnya, harus dicatat dengan rapi di request book, agar tidak lupa. Apabila permintaan sudah tersambung, Telephone Operator akan memberi tanda silang, yang berarti request sambungan sudah diselesaikan

Rabu, 04 September 2024

Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru Hebat Seluruh Indonesia!

Sebelum saya lanjutkan refleksi Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Bapak Ibu Hebat, Saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. Saya Fadly, S.Pd, Salah satu Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 11 Kabupaten Pasaman Barat dari SMK Negeri 1 Pasaman. Pengjar Praktik (PP) saya adalah Ibu Elfina Oktavani, S.Pd dan Fasilitator Bapak H. Durajat, M.Pd

Pada Kesempatan kali ini saya akan mencoba melakukan refleksi terhadap perjalanan pembelajaran saya hingga saat ini dengan merespon beberapa pertanyaan dan tugas berikut ini :

  • Buat kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas
  • Jelaskan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal. Jelaskan pula bagaimana Anda melihat kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak.
Apa yang dimaksud pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas?

Senin, 19 Agustus 2024

Koneksi Antar Materi Modul 1.4 Budaya Positif

Koneksi Antar Materi Modul 1.4 Budaya Positif


Assalammualaikum Wr.Wb

Perkenalkan saya FADLY, S.Pd Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 11 Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat. Ibu Pengajar praktik saya Elfina Oktavani, S.Pd dengan Bapak Fasilitator H. Durajat, M.Pd Pada Kesempatan kali ini saya akan membuat akan membuat tugas koneksi antar materi dan rencana tindakan untuk aksi nyata modul 1.4 budaya positif


Koneksi Antar Materi Modul 1.4 saya mulai dengan menghubungkan materi sebelumnya filosofi ki hadjar dewantara - nilai dan peran guru penggerak - budaya positif - filosofi ki hadjar dewantara.


Filosofi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD) 

Sabtu, 17 Agustus 2024

Unggah Tugas Ruang Kolaborasi Modul 1.4

RUANG KOLABORASI oleh Gea Yodhesa Dewinta Feira Dian Kurnia

Jurnal Refleksi Dwi - Mingguan 4 Model 4C

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 4 Model 4C oleh Fadly CGP Angkatran 11 Kab. Pasaman Barat

Pendampingan Individu 2 Visi Guru Penggerak

PI 2 Visi Guru Penggerak oleh Fadly Fadly

Tahapan Menciptkan program kebajikan

Tahapan Menciptakan Program Kebajikan oleh Fadly Fadly

Koneksi Antar Materi Modul 1.3

Tugas 1.3.j Koneksi Antar Materi Modul 1.2 oleh Fadly Fadly

Unggah Tugas Ruang Kolaborasi Modul 1.3

Tugas 1.3.g.2 Unggah Tugas Ruang Kolaborasi Modul 1.3 Rencana Prakarsa Perubahan FADLY oleh Fadly Fadly

Jurnal Refleksi Dwi - Mingguan 3 Modul 1.3 model six thingking hats

Jurnal Refeleksi Dwi Mingguan 3 oleh Fadly Fadly

Eksplorasi konsep modul 1.3

1.3.f.7 Eksplorasi Konsep - Modul 1.3 oleh Fadly Fadly

Mulai dari diri modul 1.3

Tugas 1.2.j Koneksi Antar Materi Modul 1.2 oleh Fadly Fadly

Koneksi Antar Materi Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Tugas 1.2.j Koneksi Antar Materi Modul 1.2 oleh Fadly Fadly