Senin, 16 September 2024

Koneksi Antar Materi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional

Salam dan Bahagia Bapak / Ibu Guru Hebat Indonesia!

Perkenalkan saya Fadly, S.Pd, CGP Angkatan 11 Kabupaten Pasaman Barat. Penagajar Praktik saya Ibu Elfina Oktafani, S.Pd dan Bapak Fasilitator H. Durajat M.Pd

Pada Kesempatan Kali ini akan saya sampaikan Koneksi Antar Materi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional. Saya Mulai dengan menjawab pertanyaan pemantik Berikut :

Apa kesimpulan tentang perubahan pengetahuan, keterampilan, sikap sebagai pemimpin pembelajaran setelah mempelajari pembelajaran sosial dan emosional?

Setelah mempelajari pembelajaran sosial dan emosional (PSE), dapat saya simpulkan bahwa pada materi ini perubahan pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai pemimpin dalam konteks pembelajaran adalah pemahaman akan pentingnya PSE dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid. Lingkungan aman dan nyaman ini akan menciptakan pembelajaran yang baik dan berpihak kepada murid

Apa kaitan pembelajaran sosial dan emosional yang telah anda pelajari dengan modul-modul sebelumnya?

Kaitan antara Modul 1.1 dengan modul 2.2, pada Modul 1.1 guru ditekankan untuk membangun motivasi diri murid dalam proses pembelajaran yang bermakna untuk keberpihakan kepada murid. Koneksinya dengan modul 2.2, adalah untuk menggali motivasi dan membangun pengetahuan yang bermakna dierlukan kemampuan kompetensi sosial emosional yang baik oleh seorang guru

Modul 1.2 dengan modul 2.2, Modul 1.2 dipelajari peran sebagai pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas, berbagi praktik baik, serta aktif dalam mengembangkan sekolah. Koneksinya dengan modul 2.2 adalah pendidikan yang baik merupakan pendidikan yang menjalankan nilai dan peran guru penggerak, untuk itu seorang guru penggerak harus memiliki kemampuan kompetensi sosial emosional yang baik sehingga bisa diterapkan bagi murid, diri sendiri, dan rekan sejawat.

Modul 1.3 dengan modul 2.2, Modul 1.3 menekankan bagaimana visi guru penggerak dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Koneskinya dengan materi pada modul 2.2 adalah sebagai guru dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila murid perlu menerapkaan pembelajaran sosial dan emosional.

Modul 1.4 dengan modul 2.2,  Modul 1.4 menyatakan bahwa budaya positif dapat membangun peserta didik yang memiliki kesadaran pada dirinya sebagai murid. Koneksinya denganmateri modul 2.2 adalah mengenai kompetensi sosial emosional sangat relevan dengan pengimplementasian budaya positif di Sekolah

Setelah itu, Saya akan  menjawab pertanyaan di bawah ini dengan menyelami pengalaman dan pemahaman saya hingga tahap ini.

Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa pembelajaran berdiferensiasi sudah cukup mengakomodasi perbedaan murid dalam pembelajaran sehingga guru dapat lebih fokus mengajar sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Setelah mempelajari modul ini, ternyata pembelajaran berdiferensiasi belum sepenuhnya mencukupi untuk menghadirkan pembelajaran yang benar - benar berpihak kepada murid.Kombinasi antara pembelajaran berdiferensiasi dengan pembelajaran sosial emosional ternyata mampu menciptakan kondisi sosial emosional yang lebih siap bagi murid untuk menerima pembelajaran

Berkaitan dengan kebutuhan belajar dan lingkungan yang aman dan nyaman untuk memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi akademik maupun kesejahteraan psikologis (well-being), 3 hal mendasar dan penting yang saya pelajari adalah
  1. Pentingnya pembelajaran sosial emosional
  2. Kesadaaaaran penuh (mindfulness)
  3. Pelaksanaan pembelajaran sosial emosional dalam kelas dan sekolah secara menyeluruh

Berkaitan dengan di atas, perubahan yang akan saya terapkan di kelas dan sekolah:

bagi murid-murid, saya akan mengembangkan rencana pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi dengan pembelajaran sosial dan emosional. Selain itu, saya juga akan melaksanakan program sekolah yang berusaha untuk meningkatkan kompetensi sosial dan emosional bagi murid. Dengan cara ini, saya berharap tercipta lingkungan kelas/ belajar yang mengembangkan pribadi murid termasuk kompetensi sosial dan emosionalnya

bagi rekan sejawat, saya ingin menjadi contoh / teladan yang baik dalam penerapan pembelajaran sosial emosional. Disamping itu juga bekerjasama dengan rekan guru dalam mengimplemenatasikan pembelajaran sosial emosional sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan kompetensi sosial dan emosional murid

TERIMAKASIH!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar