Salam dan Bahagia Bapak / Ibu Guru Hebat Indonesia!
Perkenalkan saya Fadly, S.Pd, CGP Angkatan 11 Kabupaten Pasaman Barat. Penagajar Praktik saya Ibu Elfina Oktafani, S.Pd dan Bapak Fasilitator H. Durajat M.Pd
Pada Kesempatan Kali ini akan saya sampaikan Koneksi Antar Materi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional. Saya Mulai dengan menjawab pertanyaan pemantik Berikut :
Apa kesimpulan tentang perubahan pengetahuan, keterampilan, sikap sebagai pemimpin pembelajaran setelah mempelajari pembelajaran sosial dan emosional?
Setelah mempelajari pembelajaran sosial dan emosional (PSE), dapat saya simpulkan bahwa pada materi ini perubahan pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai pemimpin dalam konteks pembelajaran adalah pemahaman akan pentingnya PSE dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid. Lingkungan aman dan nyaman ini akan menciptakan pembelajaran yang baik dan berpihak kepada murid
Apa kaitan pembelajaran sosial dan emosional yang telah anda pelajari dengan modul-modul sebelumnya?
Kaitan antara Modul 1.1 dengan modul 2.2, pada Modul 1.1 guru ditekankan untuk membangun motivasi diri murid dalam proses pembelajaran yang bermakna untuk keberpihakan kepada murid. Koneksinya dengan modul 2.2, adalah untuk menggali motivasi dan membangun pengetahuan yang bermakna dierlukan kemampuan kompetensi sosial emosional yang baik oleh seorang guru
Modul 1.2 dengan modul 2.2, Modul 1.2 dipelajari peran sebagai pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas, berbagi praktik baik, serta aktif dalam mengembangkan sekolah. Koneksinya dengan modul 2.2 adalah pendidikan yang baik merupakan pendidikan yang menjalankan nilai dan peran guru penggerak, untuk itu seorang guru penggerak harus memiliki kemampuan kompetensi sosial emosional yang baik sehingga bisa diterapkan bagi murid, diri sendiri, dan rekan sejawat.
Modul 1.3 dengan modul 2.2, Modul 1.3 menekankan bagaimana visi guru penggerak dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Koneskinya dengan materi pada modul 2.2 adalah sebagai guru dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila murid perlu menerapkaan pembelajaran sosial dan emosional.
Modul 1.4 dengan modul 2.2, Modul 1.4 menyatakan bahwa budaya positif dapat membangun peserta didik yang memiliki kesadaran pada dirinya sebagai murid. Koneksinya denganmateri modul 2.2 adalah mengenai kompetensi sosial emosional sangat relevan dengan pengimplementasian budaya positif di Sekolah
- Pentingnya pembelajaran sosial emosional
- Kesadaaaaran penuh (mindfulness)
- Pelaksanaan pembelajaran sosial emosional dalam kelas dan sekolah secara menyeluruh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar