Jumat, 01 November 2024

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Salam Hebat Bapak Ibu Guru Hebat Indonesia!

Saya Fadly, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat. Selama menempuh pendidikan guru penggerak saya di dampingi pengajar praktik, Ibu Elfina Oktafani, S.Pd dan Fasiltator Bapak H. Durajat, M.Pd


Tujuan Pembelajaran Khusus
  1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  2. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B-A-G-J-A dari tayangan video yang ada.
  3. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  4. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini

Pertanyaan Analisis Video
  1. Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi ?
  2. Apakah prakarsa perubahan yang akan di lakukan oleh guru dalam tayangan video?
  3. Apakah pertanyaan utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
  4. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang mengambarkan B-A-G-J-A?
  5. Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
  6. Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video? Lalu bagaimana pemanfatannya?

Jawaban Analisis Video



1. Visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi yaitu: 
"Menyiapkan Peserta Didik yang Beriman dan Bertaqwa, Berbudi Pekerti Luhur, Berilmu Pengetahuan, Beripikir Kritis dan Inovatif, Memiliki Kecakapan Hidup dan Ahli di Bidang Penguasaan Teknologi dan Informasi Berskala Internasional".


2. Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut adalah : 
"Mengembangkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis peserta didik di SMK Negeri 1 Pasaman"


3. Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut adalah :
  • Apa yang harus saya lakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa?
  • Bagaimana menerapkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa?

4. Kegiatan/ tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan : BAGJA

a. B (Buat Pertanyaan)
  • Guru berdiskusi dengan kepala sekolah tentang meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa?
  • Guru mencari informasi dari berbagai sumber tentang kemampuan bernalar kritis?
  • Guru mencari informasi tentang model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa
b. A (Ambil Pelajaran)
  • Guru mencari contoh nyata bagaimana cara meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa
  • Guru mencari informasi model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa
  • Guru berdiskusi dan berkolaborasi dengan kepala sekolah, teman sejawat dan siswa
  • Guru menyajikan media pembelajaran yang menarik dan menantang siswa untuk berpendapatr/ bernalar kritis
c. G (Gali Mimpi)
  • Guru menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan sehingga menarik siswa untuk menyampaikan ide dan pemikirannya
  • Guru mendorong siswa agar selalu percaya diri untuk mengemukakan pendapat di dalam kelas 
  • Guru secara konsisten menerapkan pembelajaran yang menantang siswa untuk selalu bernalar kritis 
  • Guruberbagi praktik baik dengan rekan sejawat

d. J (Jabarkan Rencana)
  • Guru menerapkan model dan metode pembelajaran yang mendukung siswa untuk berdiskusi dan menyajikan hasil pemikirannya
  • Guru mengumpulkan dan menganalisis hasil diskusi siswa
  • Guru membuat jurnal harian yang berisi capaian keberhasilan setiap tindakan
  • Guru membuat catatan khusus target yang akan dicapai berkolaborasi dengan kepala sekolah, teman sejawat
  • Guru memberi penghargaan siswa yang berani mengemukakan pendapat secara kritis
e. A (Atur Eksekusi)
  • Guru berkoordinasi dengan kepala sekolah dan teman sejawat dalam menyusun rencana/ strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa
  • Guru melaksanakan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang telah disusun secara konsisten dan berkelanjutan
  • Guru mengajak kepala sekolah, teman sejawat untuk memantau pelaksanaan pembelajaran yang berpikir kritis
  • Guru Berbagi praktik baik dalam komunitas untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa


5. Peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video tersebut adalah 
"Pemimpin pembelajaran yang berfokus pada kekuatan atau aset yang dimiliki (Pemimpin menggunakan pendekatan berbasis aset), pemimpin yang dapat menggali dan mengembangkan kekuatan atau potensi yang dimiliki oleh dirinya dan murid-muridnya, pemimpin yang memiliki kompetensi sebagai manager dalam mengelola potensi yang dimiliki nurid dan lingkungan sekolahnya"


6. Modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video tersebut dan pemanfaatannya adalah :

a. Modal Manusia

  • Guru yang memiliki kemampuan dalam melakukan pemetaan aset atau sumber daya yang dimiliki untuk lebih dimaksimalkan dalam hal pemanfaatannya sehingga dapat menunjang terwujudnya kelas impian yaitu kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.
  •  Murid yang aktif dan sangat kooperatif, percaya diri, kreatif dan mandiri serta dapat berkolaborasi dan mengkomunikasikan hasil karyanya dalam kelompok serta murid yang memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru
b. Modal Sosial

  • Guru berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan.
  • Bekerjasama dan meminta izin dengan guru mata pelajaran untuk melakukan observasi kelas.
  • Berkolaborasi dengan murid kelas x saat melakukan observasi dan wawancara.

c. Modal Fisik
  • Ruang kelas yang dapat didekorasi ulang sesuai dengan kelas impian murid yaitu kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.
  • Hiasan dinding yang dapat menutupi bagian dinding yang rusak
  • Rak buku dan buku-bukunya untuk menunjang pembelajaran.
  • Papan tulis
  • Meja dan kursi guru dan murid yang posisinya diubah agar murid nyaman saat belajar.
  • Workshop praktek siswa
  • Ruang Labor
  • Ruang UKS
  • dll

d. Modal Lingkungkan/Alam

  • Halaman sekolah,taman sekolah, tanaman hijau di sekitar selasar kelas dan di luar sekolah.
  • Memanfaatkan bahan-bahan yang ramah lingkungan yang digunakan untuk menghias kelas

e. Modal Finansial
  • Dana BOS yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan belajar murid.
  • Uang Komite
  • Uang kas kelas untuk keprluan membeli alat dan bahan yang diperlukan untuk mewujudkan kelas impian.

f. Modal Politik

Kebijakan Kepala Sekolah yang siap mendukung setiap perubahan positif untuk peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

g. Modal Agama dan Budaya

  • Murid menggunakan pakaian yang rapi dan menutup aurat seperti murid perempuan menggunakan kerudung dan murid laki-laki menggunakan celana panjang pramuka sesuai aturan agama Islam.
  • Karakter murid yang sopan, santun dan hormat kepada guru dengan cara bersalaman sebelum masuk ke dalam kelas
  • Sikap gotong royong murid untuk bekerjasama mewujudkan kelas impian

TERIMAKASIH BAPAK IBU GURU HEBAT INDONESIA

SALAM BAHAGIA








Tidak ada komentar:

Posting Komentar