Kamis, 14 November 2024

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan - 10

Salam Hebat Bapak Ibu Guru Hebat Indonesia!

Saya Fadly, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat. Selama menempuh pendidikan guru penggerak saya di dampingi pengajar praktik, Ibu Elfina Oktafani, S.Pd dan Fasiltator Bapak H. Durajat, M.Pd

Pada refleksi dwi mingguan 10 kali ini saya menggunakan model 4F (Fact, Feeling,  dan change). Model ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 

1. Facts

Modul 3.3 ini membahas tentang Pengelolaan Program Yang berdampak pada Murid. Saya mempelajari modul yang luar biasa. Melalui modul ini saya memahami bahwa guru dapat mendorong student agency (kepemimpinan murid) dalam pengelolaan program-program di sekolah. Mendorong kepemimpinan murid dalam program sekolah bukan hanya memberikan pelayanan pada murid untuk belajar menjadi individu yang lebih bertanggung jawab, berdaya, dan kontributif. Namun, pengalaman dan kebermaknaan yang mereka dapatkan dari proses belajar mereka dalam program-program sekolah.

 

Sekolah bisa memberikan bekal murid untuk menjadi murid sebagai seorang pembelajar sepanjang haya. sehingga, ketika kita berbicara tentang dampak, maka dampak positif dari proses belajar yang dilalui oleh murid-murid saat ini dengan harapan akan terus dirasakan oleh mereka di sepanjang hidupnya

 

Capaian pembelajaran yang didapatkan secara umum pada modul ini yaitu Calon Guru Penggerak (CGP) perlu menyadari murid sebagai mitra bagi guru dalam pembelajaran. CGP belajar untuk mengeksplor diri dengan belajar serta mengupayakan terwujudnya lingkungan sekolah yang mendukung tumbuhnya murid-murid. Murid haruslah menjadi pemimpin yang disadari dirinya selama proses pembelajaran. Sehingga pada akhirnya CGP dapat menerapkan konsep kepemimpinan murid pada program atau kegiatan sekolah.

 

Sementara Capaian Pembelajaran secara Khusus adalah ; Menunjukkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila, Menunjukkan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan suara, pilihan, dan kepemilikan murid, Menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam program intrakurikuler/ kokurikuler/ ekstrakurikuler sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid, Mengidentifikasi strategi pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid, dan Merancang sebuah prakarsa perubahan di sekolah dalam bentuk sebuah program/kegiatan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid dengan menggunakan model prakarsa perubahan yang di sebut dengan BAGJA.


2. Feeling

Saya sangat mengapresiasi dan merasa senang saat mendalami modul 3.3 melalui setiap materi yang disajikan serta proses yang menuntun guru agar dapat memperoleh ilmu membuat dan dan berbagai pengalaman.


3. Finding

Melalui modul ini khususnya pada bagian Eksplorasi Konsep yaitu mengkonstruksi pemahaman saya tentang kepemimpinan murid (students agency), Suara, Pilihan, dan Kepemilikan murid melalui konsep kepemimpinan murid inilah yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid.

 

Sementara itu pada modul 3.3 pembelajaran didorong untuk Eksplorasi Konsep 2 melalui diskusi asinkron saya mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang suara, pilihan dan kepemilikan murid, dilanjutkan dengan menemukenali aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam sebuah contoh program atau kegiatan sekolah yang menjadi fokus diskusi.

 

Melalui Demonstrasi Kontekstual, saya membuat sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/ kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan instruktur dalam elaborasi pemahaman terkait dengan program atau kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan kepemimpinan murid

 

Kegiatan ini diakhiri dengan aksi nyata yaitu menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan), A (Ambil Pelajaran), G Gali Mimpi), J (Jabarkan rencana, dan A (Atur Eksekusi) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata.


4. Future

Setelah secara keseluruhan saya mempelajari modul ini. Saya berharap dapat mengimplementasikan program-program kepemimpinan murid yang lebih inovatif dan berdampak secara langsung dan berkelanjutan baik dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler dengan mengutamakan aspek Suara, Pilihan,dan Kepemilikan murid. Dengan tujuan untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan dalam diri peserta didik.

Demikian jurnal refleksi saya yang ke 10, semoga ilmu yang saya dapatkan bisa diimplementasikan secara holistic /Menyurh di lingkungan sekolah maupun di dalam kehidupan sehari-hari


TERIMAKASIH BAPAK IBU GURU HEBAT INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar