Rabu, 29 Juli 2020

Jenis - Jenis Kamar Hotel Housekeeping Kelas XII SMK Perhotelan

Jenis -  Jenis Kamar Hotel
By Fadly
Tugas seorang room attendant hotel adalah menangani kebersihan, keindahan dan melengkapi semua perlengkapan yang dibutuhkan oleh tamu selama tamu menginap di hotel. Sebagai seorang room attendant wajib mengetahui tentang jenis jenis kamar yang ada di hotel.

Selasa, 28 Juli 2020

Ciri - Ciri dan Karakteristik Wirausahawan



Ciri - Ciri dan Karakteristik Wirausahawan
by Fadly

Wirausaha adalah seseorang yang mampu melihat ke depan, yang mampu berpikir dengan penuh perhitungan serta mencari pilihan dari berbagai alternatif masalah dan pemecahannya. 

Wirausahawan memiliki ciri-ciri yang melekat pada dirinya. Menurut (Sumber : romadecade.org) Ciri-Ciri tersebut diantaranya:

Senin, 27 Juli 2020

Definisi Wirausaha dan Wirausahawan

Wirausaha dan Wirausahawan
By Fadly
Wirausaha 
Wirausaha mengacu kepada orang yang melakukan kegiatan usaha. untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan beberapa pernyataan ahli tentang wirausaha, yaitu 

Menerapkan komunikasi di tempat kerja part 1

Komunikasi di Tempat Kerja
by Fadly
Setiap hari kita selalu berkomunikasi dengan orang - orang yang berada di sekitar kita. Ketika kita berbicara dengan orang lain maka kita sudah melakukan komunikasi. Komunikasi pada umumnya dilakukan secara lisan atau verbal.
Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi (Pesan, Ide dan Gagasan) dari satu pihak kepada pihak lainnya.

Jumat, 24 Juli 2020

Memahami sikap dan prilaku kewirausahaan Bagian 1

Kewirausahaan
by Fadly 
Definisi Kewirausahaan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Wirausaha sama dengan wiraswasta.

Room Attendant (Lanjutan room section)

Room Attendant
by Fadly

Menurut Agustinus Darsono dalam buku Tata Graha Hotel, Room attendant adalah petugas kamar yang berpenampilan baik dan rapi, meliputi tingkah laku, kejujuran, sopan santun pada tamu , atasan maupun teman sejawat .

Room attendant adalah petugas yang mempersiapkan tempat tidur pada waktu membersihkan kamar. pada waktu tamu masuk ke kamar, pandangan pertama akan ditujukan ke kerapihan tempat tidur. (Sumber Bacaan : https://www.tugaspokok.com/2019/07/tugas-room-attendant.html )

Seorang room attendant yang melakukan pekerjaan di hotel harus mematuhi peraturan yang ada di hotel, seperti :

1. Memakai pakaian seragam (Uniform) yang sesuai dengan ketentuan hotel
2. Datang tepat waktu dan memberikan kabar jika berhalangan tidak bisa hadir
3. Segera melaporkan kepada supervisor dan executive housekeeper jika melihat hal - hal yang mencurigakan
4. Selalu ramah dan memberikan salam kepada tamu
5. Melaporkan barang - barang lost and found kepada supervisor.
6. Melaporkan pekerjaan yang belum siap kepada shift berikutnya
7. Tidak dibenarkan menggunakan lift yang diperuntukkan untuk tamu
8. Dilarang menggunakan uniform/ seragam hotel saat tidak bertugas
9. Dilarang membawa kunci kamar saat meninggalkan hotel meninggalkan hotel

Menurut Nyoman Aris Suparni, dkk dalam buku Housekeeping untuk kelas XI, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seorang room attendant ;

1. Bersih (Clean)
2. Kenyamanan (Comfortable)
3. Aman (safe)

Tugas dan tanggung jawab Room Attendant adalah sebagai berikut :

Mengelola kamar yang menjadi tanggung jawabnya (dalam arti yang luas). Baik buruknya kamar sangat tergantung pada Room attendant baik yang berhubungan dengan ketelitian, kerajinan, maupun kualitas. Room attendant yang rajin, teliti dan terampil dalam bekerja akan dapat menghasilkan kamar yang bersih, rapi, lengkap dan nyaman.

1. Melayani tamu
2. Melaksanakan perintah atasan
3. Menjalin Kerjasama antar Room attendant
4. Menjalin kerjasama dengan seksi seksi lain yang ada di dalam Housekepping departemen

Jadwal kerja room attendant pada sebuah hotel dibagi ke dalam tiga shift yaitu 
1. Morning Shift (Shift Pagi) dari 07.00 - 15.00 WIB
2. Evening Shift (Shift Siang) dari 15.00 - 23.00 WIB
3. Night Shift (Shift Malam) dari 23.00 - 07.00 WIB

Untuk Absen/ Kehadiran Silahkan Klik daftar hadir

Silahkan komen dan jangan lupa untuk di Follow, Terimakasih

Daftar Pustaka :
Nyoman Aris Suparni, dkk. 2019. Housekeeping untuk SMK/ MAK Kelas XI. Jakarta : Penerbit Erlangga

Rabu, 22 Juli 2020

Mendeskripsikan room section (seksi kamar)

Room Section (Seksi Kamar)

Room Section merupakan bagian dari departemen housekeeping yang ada di sebuah hotel. Room section bertanggung jawab dalam kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan tamu yang menginap serta melengkapi semua guest supplies dan guest ammenities tamu di dalam kamar.

Dibutuhkan segera untuk hotel puri ayu

Lowongan Kerja di Hotel Puri Ayu, yang beralamat di Jalan Raya Cibening, Km 34. Purwakarta, Untuk posisi :

1. Front Office
2. Room boy
3. Laundry
4. Security

Persyaratan
1. Pria/ Wanita dengan usia maks 35 Tahun
2. Pendidikan Minimum SMK/ SMA
3. Berpenampilan menarik dan rapi
4. Bersedia bekerja shift dan hari libur
5. Mampu bekerja sama dengan team
6. Jujur, Disiplin dan Bertanggung jawab

Surat Lamaran lengkap di kirim Ke :

Hotel Puri Ayu
Jln. Raya Cibening, Km 34. (Depan PT. Bata)
Purwakarta

Informasi lebih lanjut silahkan klik informasi ini

Selasa, 21 Juli 2020

Lowongan Kerja Deadline 30 Juli 2020 di Harper Hotel, Jakarta

Lowongan Kerja di Harper Hotel, Penempatan di M.T Haryono, untuk posisi :

1. Chef
2. Fb Sales Manager
3. Duty Manager
4. Front Desk Agent

Persyaratan
1. Usia maks 30 Tahun
2. 1 Tahun pengalaman di posisi yang sama
3. Tamatan yang relevan dengan posisi yang di butuhkan

Kirim Ke :

cawangrecruitment@harperhotels.com

Informasi lebih lanjut silahkan klik informasi

Kompetensi Dasar Mapel Komunikasi Industri Perhotelan SMK Kelas X

Berikut ini adalah kompetensi dasar yang akan kita capai dalam pelajaran Komunikasi Industri Perhotelan Kelas X  dalam satu semester ganjil ini : 

Kompetensi dasar mata pelajaran Housekeeping SMK Semester Ganjil Kelas XII

Berikut ini adalah kompetensi dasar yang akan kita capai dalam pelajaran Housekeeping Kelas XII  dalam satu semester ganjil ini : 

coba 3

coba3

Sabtu, 18 Juli 2020

Kompetensi dasar Mapel Produk Kreatf dan Kewirausahaan SMK Perhotelan


berikut ini adalah kompetensi dasar yang akan kita capai dalam pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dalam satu semester ini.

Untuk Materi KD. 3.1 Silahkan di Klik Disini

Untuk Absen/ Kehadiran Silahkan Klik daftar hadir

Silahkan komen dan jangan lupa untuk di Follow, Terimakasih

Kamis, 14 November 2019

Soal Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII SMK Perhotelan

Jawablah dengan benar soal - soal berikut ini dengan benar!
1. Jelaskanlah pengertian produk menurut Fandy Tjiptono!
2. Sebutkan dan jelaskanlah 4 faktor produksi!
3. Secara umum produk dapat dibagi menjadi 2 jenis, sebutkan dan jelaskan!
4. Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan klasifikasi produk?
5. Sebutkan dan jelaskan macam - macam label produk!
6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kualitas produk?
7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan jasa dan sebutkan ciri - cirinya!
8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kualitas jasa?
9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kapabilitas pengembangan!
10. Sebutkan 6 tujuan produksi!

Rabu, 29 Mei 2019

Pogram Semester dan tahunan Mapel Laundry TA 2019 - 2020

Contoh Program Semester dan Program Tahunan Mapel Laundry Kelas XI.
Silahkan comment untuk kesempurnaan program semester dan program tahunan ini..
untuk mendapatkan silahkan klik download

Contoh Analisis Minggu Efektif

Contoh Analisis Minggu Efektif Mata Pelajaran Laundry Kelas XI Semester 1 Tahun Ajaran 2019 - 2019 Jurusan Akomodasi Perhotelan.
Silahkan di Comment agar bisa dilakukan perubahan ke arah yang lebih baik

Selasa, 30 April 2019

Soal Kepariwisataan 1 kelas X SMK Perhotelan

Silahkan kerjakan soal - soal berikut di kertas 2 lembar :
1  Segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata, termasuk penguasaan obyek dan daya tarik wisata disebut …
      a.       Pariwisata
      b.      Obyek Wisata
      c  .       Wisata
      d.      Subyek Wisata
      e.       Wisata Agro
2  Obyek wisata yang diadakan oleh manusia disebut …..
            a.       Wisata Buatan Manusia
            b.      Wisata Tirta
            c.       Wisata Alami
            d.      Wisata Sejarah
             e.       Wisata Agro
3 Biro perjalanan wisata termasuk dalam …..
           a.       Sarana Pariwisata
           b.      Tujuan Pariwisata
           c.       Jasa Pariwisata
           d.      Perlengkapan Pariwisata
           e.       Alat Pariwisata
4 Yang termasuk dalam usaha sarana pariwisata adalah, kecuali ……….
a. Rumah Makan
b. Bar
c. Akomodasi
d. Pengangkutan Wisata
e. Tempat Wisata
5 Orang yang memandu perjalanan wisata di sebut ……….
a. Tour Guide
b. Traveller
c. Tour Sit
d. Operator
e. Agency
6 Orang yang memandu perjalanan wisata di sebut ……….
a. Tour Guide
b. Traveller
c. Tour Sit
d. Operator
e. Agency
7 Pariwisata yang bersifat fauna, contohnya sebagai berikut! Kecuali…….
a. Kebun binatang
b. Sulap
c. Sirkus hewan
d. Gelanggang samudera
e. Dunia Hewan
8 Tindakan pertama pada saat terkena aliran listrik adalah ….
a. Matikan stop kontak
b. Tempat yang luka segera dibersihkan
c. Harus cepat diperban
d. Rendamkan pada air dingin atau air es
e. Gunakan perban yang bersih
9 Alat  untuk memadamkan kebakaran yang bersumber dari kayu dan kertas adalah …
a. Pasir                            
b. Selimut pemadam
c. Alat pemadam beroda
d. Air
e. Kayu
10 Beberapa cara melindungi diri terhadap infeksi dan penyakit seperti dibawah ini,kecuali:
a. Cuci bagian yang terkena cairan berbahaya dengan sabun dan air
b. Lindungi luka dengan penutup
c. Hindari memungut sampah tajam secara langsung
d. Menggunakan hand glove saat membersihkan barang-barang berbahaya
e. Bahan mentah dan bahan jadi campur jadi satu
11 Salah satu hal yang perlu diperhatikan pada saat menangani kecelakaan di tempat kerja adalah:
a. Terluka karena peralatan rusak
b. Segera memperbaiki peralatan rusak
c. Jatuh dan terpeleset
d. Melaporkan pada supervisor/manager hotel
e. Membersihkan area kerja yang berbahaya
12 Beberapa kelengkapan kotak first aid seperti dibawah ini,kecuali:
a. cologne
b. Alkohol
c. Kain has
d. Plester biasa/rol
e. Obat merah
13 Salah satu penanggulangan kecelakaan karena peralatan mesin adalah:
a. Memeriksa peralatan elektronik yang di gunakan sesuai persyaratan yang ada.
b. Minyak dan makanan yang tumpah segera di bersihkan.
c. Seragam kerja sesuai untuk penanggulangan kecelakaan
d. Lubang saluran air harus di tutup sehabis di bersihkan
e. Buku cara penggunaan dan peraturan keamanan harus berada di dekat peralatan
14 Yang termasuk Kerugian Akibat Kecelakaan Kerja, kecuali ...
a. Kematian        d Cacat
b. Kerusakan      e kesedihan
c. Kegembiraan
15 Beberapa faktor yang dapat mendukung K3, kecuali...
a. Penyediaan tempat kerja aman
b. Pematuhan standard yang sudah ada
c. Penetapan insentif kerja
d. Evaluasi keadaan tempat kerja
          e. Adanya tenaga konsultasi dan identifikasi

Soal Industri Perhotelan 1 Kelas XI SMK Perhotelan

Silahkan kerjakan soal - soal berikut di kertas 2 lembar !

Jelaskan apa fungsi Departemen SDM didalam hotel?

2. Jelaskanlah tugas dari seorang general manager di sebuah hotel?

Soal Laundry 1 Kelas XI SMK Perhotelan



Silahkan Kerjakan Soal - Soal Berikut di kertas 2 Lembar!

1. Jelaskanlah pengertian simbol A (A dalam kurung) dalam pencucian dry cleaning? 

2. Jelaskan jenis – jenis noda yang ada pada pakaian?