Jumat, 24 Juli 2020

Memahami sikap dan prilaku kewirausahaan Bagian 1

Kewirausahaan
by Fadly 
Definisi Kewirausahaan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Wirausaha sama dengan wiraswasta. Wiraswasta adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Secara bahasa dalam Wikipedia, arti kewirausahaan adalah suatu proses untuk mengembangkan, mengindentifikasi, dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan. Kata “Kewirausahaan” berasal dari kata wira dan usaha. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Wira berarti; pejuang, berani dan berwatak agung, berbudi luhur. Sedangkan kata Usaha berarti; bekerja, berbuat amal, berbuat sesuatu.

Dalam bahasa inggris, kewirausahaan disebut dengan entrepreneurship. Secara umum pengertian kewirausahaan adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang dapat memberikan peluang dan nilai tambah. Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/N/1995, Kewirausahaan adalah Semangat, Sikap, Perilaku, dan Kemampuan seseorang untuk menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. (Wulan Ayodya dalam bukunya yang berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan)

Masih menurut Wulan Ayodya , Defenisi kewirausahaan menurut para ahli ialah sebagai berikut :

1. Peter F. Drucker

Kewirausahaan lebih merujuk kepada sifat, watak, dan ciri - ciri yang melekat pada seseorang yang mempunyai kemauan keras untuk mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia usaha yang nyata dan dapat mengembangkannya dengan tangguh.

2. Yuyun Wirasamita

kewirausahaan merupakan faktor produksi yang aktif dalam menggerakkan dan memanfaatkan sumber daya yang ada seperti sumber daya alam, modal, dan teknologi sehingga dapat menciptakan kekayaan dan kemakmuran melalui penciptaan lapangan kerja, penghasilan, serta produk yang diperlukan masyarakat

3. Mary Coulter

Kewirausahaan sering dikaitkan dengan proses, pembentukan atau pertumbuhan suatu bisnis baru yang berorientasi pada perolehan keuntungan, penciptaan nilai, serta pembentukan produk atau jasa baru yang unik dan inovatif

4. Ropke

Kewirausahaan merupakan proses penciptaan sesuatu yang baru (kreasi baru) dan membuat sesuatu yang berbeda dari yang telah ada (inovasi) dengan tujuan mencapai kesejahteraan individu dan nilai tambah bagi masyarakat

5. Drs. Joko Untoro

Menurut Drs. Joko Untoro, pengertian kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

6. Ahmad Sanusi

Menurut Ahmad Sanusi, definisi kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

7. Soeharto Prawiro

Menurut Soeharto Prawiro, pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.

8. Zimmerer

Menurut Zimmerer, pengertian kewirausahaan adalah sebuah proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan bisnis

Menurut Maxmanroe.com , Ciri - ciri orang yang mempunyai jiwa kewirausahaan adalah sebagai berikut :
1. Mempunyai keberanian dan daya kreasi yang tinggi
2. Mempunya semangat tinggi dan kemauan keras
3. Mempunyai daya analisis yang baik
4. Berjiwa pemimpin dan tidak berperilaku konsumtif
5. Membuat kepurusan dan melaksanakannya
6. Memiliki pengabdian yang besar terhadap bisnisnya

Silahkan komen dan jangan lupa untuk di Follow, Terimakasih

Daftar Pustaka :
Wulan Ayodya. 2019. Produk Kreatif dan Kewirausahaan untuk SMK/ MAK Kelas XI. Jakarta : Penerbit Erlangga

2 komentar:

  1. The beginning to get skill digital flatform or star up

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, saya masih pemula, baru belajar, tapi akan di usahakan sebaik mungkin,.
      Trimakasih komennya

      Hapus