Senin, 27 Juli 2020

Menerapkan komunikasi di tempat kerja part 1

Komunikasi di Tempat Kerja
by Fadly
Setiap hari kita selalu berkomunikasi dengan orang - orang yang berada di sekitar kita. Ketika kita berbicara dengan orang lain maka kita sudah melakukan komunikasi. Komunikasi pada umumnya dilakukan secara lisan atau verbal.
Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi (Pesan, Ide dan Gagasan) dari satu pihak kepada pihak lainnya.
Definisi Komunikasi
Komunikasi atau communicaton berasal dari bahasa Latin communis yang berarti 'sama'. Communico, communicatio atau communicare yang berarti membuat sama (make to common). Secara sederhana komuniikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu dengan yang lainnya (communication depends on our ability to understand one another)

Ada beberapa definisi tentang komunikasi, diantaranya adalah :
  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesi (KBBI), Komunikasi adalah Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
  2. Komunikasi adalah kegiatan pengoperasian lambang yang mengandung arti/makna yang perlu dipahami bersama oleh pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi (Susanto dalam Nani Yuningsih, 2017)
  3. Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang fikiran atau perasaan (Roben J.G dalam Nani Yuningsih, 2017)
  4. Komunikasi adalah pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain. (Davis, dalam Nani Yuningsih, 2017)
  5. Komunikasi merupakan suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik yang dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau sesuatu organisasi/ badan (Howar Bonham dalam I Putu Hardani HD, 2019:3)
  6. Komunikasi adalah proses yang kontinyu dari usaha - usaha manajemen untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para langganannya, pegawainya, dan publik pada umumnya ke dalam dengan mengadakan analisis dan perbaikan - perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan - pernyataan (J.C Seidel dalam Nani Yuningsih, 2017)
  7. Komunikasi adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan, penentuan pelayanan - pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepntingan orang - orang agar orang atau lembaga itu memperoleh kepecaryaan dan good will (W. Emerson Reck dalam Nani Yuningsih, 2017)
Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang dimilikinya. Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, tulisan,  gerakan, dan penyiaran. Komunikasi dapat berupa interaktif, komunikasi transaktif, komunikasi bertujuan dan komunikasi tak bertujuan. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi)

Unsur - Unsur/ Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik. Menurut Laswell, komponen-komponen komunikasi adalah:
  1. Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
  2. Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
  3. Saluran (channel) adalah media di mana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
  4. Penerima atau komunikan (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
  5. Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
  6. Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan ("Protokol") (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi)
Secara ringkas, proses berlangsungnya komunikasi bisa digambarkan sebagai berikut: 
Komunikator (sender) yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan orang lain mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud. Pesan yang disampaikan itu bisa berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun lewat simbol-simbol yang bisa dimengerti kedua pihak.
Pesan (message) itu disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya berbicara langsung melalui telepon, surat, e-mail atau media lainnya.

Media (channel) adalah alat yang menjadi penyampai pesan dari komunikator ke komunikan.
Komunikan (receiver) menerima pesan yang disampaikan dan menerjemahkan isi pesan yang diterimanya ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komunikan itu sendiri.
Komunikan (receiver) memberikan umpan balik (feedback) atau tanggapan atas pesan yang dikirimkan kepadanya, apakah dia mengerti atau memahami pesan yang dimaksud oleh si pengirim.

Untuk Absen/ Kehadiran Silahkan Klik daftar hadir

Silahkan komen dan jangan lupa untuk di Follow, Terimakasih

Daftar Pustaka
I Puti Wardani, dkk. 2019. Komunikasi Industri Pariwisata. Yogyakarta : Penerbit Andi 
Nani Yuningsih. 2017. Modul Komunikasi Industri Pariwisata.Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar