Senin, 15 April 2019

contoh laporan pengembangan diri guru

Contoh Buku Pedoman Guru
By Fadly
Silahkan Klik Download


BAB I

PENDAHULUAN



1. Latar Belakang

Guru sebagai tenaga ocial ional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, tidak cukup bila guru hanya melakukan tugasnya mengajar, membimbing dan mendidik para siswanya, melainkan harus selalu mengembangkan profesinya tersebut. Pengembangan terhadap profesi guru tersebut hendaklah dilaksanakan secara terprogram dan berkelanjutan, melalui kegiatan Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya guru yang ocial ional. Salah satu jenis kegiatan PKB adalah Pengembangan Diri.

Kegiatan Pengembangan Diri tersebut dapat dilakukan melalui dua jenis kegiatan, yaitu: (1) Mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional dan/atau (2) Mengikuti kegiatan kolektif guru. Menyadari akan kebutuhan peningkatan profesionalisme, penulis mengikuti kegiatan pengembangan diri, dan untuk keperluan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan tersebut, maka dituliskan dalam bentuk laporan kegiatan ini.





2. Tujuan

Tujuan dari kegiatan pengembangan diri adalah untuk meningkatkan kompetensi penulis sebagai guru, baik kompetensi Social, kompetensi Social sional, kompetensi managerial maupun kompetensi Sosial







BAB II

BAGIAN ISI



A. Pengembangan Diri 1

1. Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan pengembangan diri ini diselenggarakan pada tanggal 7 s/d 9 Mei 2018 bertempat di SMK Negeri 1 Matur. Kegiatan ini diselenggarakan oleh SMK Negeri 1 Matur bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.



2. Jenis Kegiatan (Nama Kegiatan)


No

Materi

JP


1

Penyusunan RPP Berdasarkan Standar KTSP

6


2

Analisis Kompetensi dan Pengembangan Bahan Ajar

6


3

Pengembangan Pembelajaran Saintifik

5


4

Pengembangan Model – Model Pembelajaran

6


5

Pengembangan Pendidikan Berkarakter

5


6

Meningkatkan Disiplin Guru dan Pegawai

5


Total

33




3. Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan Pengembangan Diri agar para guru di SMK Negeri 1 Matur mampu dan terampil dalam hal :

a. Penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum 2013

b. Penyusunan perangkat penilaian kurikulum 2013.

c. Tersedinya perangkat pembelajaran lengkap .

d. Tersedianya dokumen KTSP di SMK Negeri 1 Matur.



4. Uraian Materi Pengembangan Diri

Materi In-House Training Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 matur ini dalam bentuk CD dan praktek langsung tentang topik sbb.

a. Sistematika Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013

b. Acuan Penilaian kurikulum 2013

c. Buku Kerja Guru



5. Tindak Lanjut

Menerapkan ilmu yang telah diperoleh dari kegiatan IHT dengan cara membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan standar KTSP



6. Dampak Pengembangan Diri

Terjadi perubahan pola pikir dan wawasan baru dalam proses pembuatan perangkat pembelajaran dan bagaimana teknik dalam menerapkan pembelajaran tersebut di dalam kelas.



B. Pengembangan Diri 2

1. Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan pengembangan diri ini diselenggarakan pada tanggal 05, 06, 07, 12 dan 13 Oktober 2018 bertempat di SMK Negeri 1 Matur. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang (LPPM UNP) bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Matur.



2. Jenis Kegiatan (Nama Kegiatan)


No

Materi

JP


1

Pemberian Materi dan Diskusi Pembuatan Video Pembelajaran yang bersifat Offline dan Online

16


2

Peserta diberi tugas rumah membuat video pembelajaran yang bersifat offline dan online sesuai dengan mata pelajaran yang diampu masing – masing peserta

16


3

Pengumpulan tugas dan evaluasi pelaksanaan pengabdian

8


Total

40




3. Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan Pengembangan Diri agar para guru di SMK Negeri 1 Matur mampu dan terampil dalam hal :

a. Pembuatan video pembelajaran berbasis offline

b. Pembuatan video pembelajaran berbasi online

4. Uraian Materi Pengembangan Diri

Materi pengembangan diri berupa praktek secara langsung dalam pembuata video pembelajaran baik offline maupun online dengan menggunakan berbagai software pendukung seperti kahoot, dll

5. Tindak Lanjut

Menerapkan ilmu yang telah diperoleh dari pelatihan tersebut dengan cara membuat video pembelajaran baik berbasis offline maupun online di Jurusan Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 1 Matur



6. Dampak Pengembangan Diri

Terjadi perubahan pola pikir dan wawasan baru dalam proses pembuatan video pembelajaran pada mata pelajaran jurusan/ produktif Akomodasi Perhotelan berbasis offline dan online





























BAB III

PENUTUP



A. Simpulan

Penyelenggaraan kegiatan Pengembangan Diri pada umumnya sangat membantu dalam melakukan peningkatan keprofesian guru. Hal itu dapat berpengaruh dalam cara guru mengajar melakukan KBM di kelas. Hal senada akan berdampak positif kepada para siswa untuk meningkatkan keterampilan, karakter, dan prestasinya.



B. Saran

Pengembangan diri sangat bermanfaat sekali dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari seorang guru, untuk itu kegiatan seperti ini perlu diadakan lagi secara kontinyu untuk meng –Upgrade pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar