Sabtu, 17 Agustus 2024
Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak
Rabu, 14 Agustus 2024
Struktur Organisasi dari front office hotel
Job Profile ; Front Desk Agent
Front Desk Agent (FDA) merupakan posisi kunci dalam industri perhotelan yang bertanggung jawab atas interaksi pertama antara tamu dan hotel. Mereka berperan dalam memastikan tamu mendapatkan pengalaman yang positif dari saat mereka tiba hingga ia pergi.
Posisi ini membutuhkan keterampilan komunikasi, organisasi dan pelayanan pelanggan yang kuat
Tanggung Jawab
- Menyambut tamu dengan ramah dan profesional
- melakukan proses check-in dan check-out, termasuk pemprosesan pembayaran dan pengelolaan akun tamu
- mengelola reservasi dan memastikan data tamu diperbahrui dengan benar
- menangani pertanyaan, keluhan, dan permintaan tamu secara efisien
- berkoordinasi dengan departemen lain untuk memenuhi kebutuhan tamu
- memelihara area front desk yang bersih dan teratur
- mengelola komunikasi antara tamu dan hotel serta antara berbagai departemen dalam hotel
- memproses dan mengelola informasi administratif dan keuangan seperti pembayaran dan laporan harian
- mengawasi keamanan area resepsionis dan menjaga kerahasiaan tamu
- memperkenalkan dan mempromosikan layanan tambahan hotel, seperti paket wisata dll
- Pendidikan, Minimal SMA/ SMK Sederajat, Diploma atau Strata 1 dalam bidang perhotelan, pariwisata atau manajemen meupakan nilai tambah
- pengalaman, Minimal 1 tahun di bidang layanan pelanggan atau FDA
- keterampilan komunikasi, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, dalam bahasa indonesia, bahasa inggris atau bahasa asing lainnya
- keterampilan komputer, berpengalaman dengan sistem manajemen hotel seperti PHP, dll
- Keterampilan layanan pelanggan, kemampuan untuk memberikan pelayanan dengan ramah, efisien dan profesional kepada tamu
- Penampilan profesional, berpenampilan bersih dan rapi dengan sikap profesional yang positif
- Fleksibilitas waktu, mampu bekerja dalam shift, termasuk shift malam, akhir pekan dan hari libur
- Keterampilan multitasking, kemampuan untuk menangani beberapa tugas sekaligus dilingkungan yang sibuk
Rabu, 07 Juni 2023
Mengganti kampas rem cakram (depan) toyota agya/ ayla manual
Guru Fadly Mengganti kampas rem cakram mobil toyota agya/ Ayla manual
Langkah - Langkah penggantian rem cakram mobil
- Persiapkan alat dan bahan
- Kendorkan mur roda
Sabtu, 14 Mei 2022
Selasa, 11 Januari 2022
Jenis - Jenis Layanan Usaha
Guru Fadly Jenis - Jenis Layanan Usaha
Winardi (dalam situs https://administrasiperkantoran784506119.wordpress.com) menyatakan bahwa pelayanan adalah bentuk pemberian layanan yang diberikan oleh produsen terhadap pengguna barang/jasa yang ditawarkan.Selasa, 19 Oktober 2021
Langkah make up room
a. Prosedur first checking
Pada saat
memasuki kamar hotel, seorang room attendant harus melakukan pengecekan
pertama/ first checking terlebih dahulu. Metode ini dilakukan dengan cara :
1)
Mengecek
lampu – lampu dengan cara menyalakan lampu tersebut. Hal ini bertujuan utuk
mengetahui kondisi lampu, hidup atau tidaknya. Jika lampu dalam kondisi mati
maka laporkan kepada bagian engineering
2) Periksa keadaan seluruh fasilitas yang ada di kamar
Kamis, 15 Juli 2021
Memahami laundry section
gurufadly 15.07.21 Memahami Laundry Section
Pada pembahasan kita kali ini kita akan membahas tentang laundry section. Fasilitas yang ada pada hotel hampir sama dengan rumah, Perbedaannya pada rumah semua dikerjakan dengan gratis dan di hotel semuanya berbayar. Termasuk di dalamnya laundry
Sebelumnya silahkan klik Follow untuk mendapatkan informasi terbaru
Rabu, 14 Juli 2021
Memahami kewirausahan dan wirausaha
Kompetensi Dasar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Perhotelan SMK Kelas XI
gurufadly 04.07.21 Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Perhotelan
Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan termasuk ke dalam mata pelajaran produktif. Kompetensi Dasar ini digunakan pada kelas XI dengan jumlah jam 7 Jam Pelajaran (JP) perminggunya. Adapun kompetensi dasarnya adalah sebagai berikut :
Sebelumnya silahkan klik Follow untuk mendapatkan informasi terbaru
Kompetensi Dasar Laundry Kelas XI
gurufadly 14.07.21 Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Laundry SMK Perhotelan
Berikut ini adalah kompetensi dasar yang akan kita capai dalam mata pelajaran laundry Kelas XI dalam satu tahun ini :
Kamis, 14 Januari 2021
menangani kesalahpahaman antar budaya
Melakukan penghitungan room linen inventory
gurufadly 14.1.21 Melakukan penghitungan room linen inventory
Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang melakukan penghitungan room linen inventory.
Adapun Tujuan pembelajaran adalah
a. Melakukan penghitungan room linen inventory
Sebelumnya silahkan klik Follow untuk mendapatkan informasi terbaru
Rabu, 13 Januari 2021
Perencanaan Sistem Layanan Usaha
Kamis, 07 Januari 2021
Kesalahpahaman antar budaya
gurufadly 7.1.21 Kesalahpahaman antar budaya
Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas materi tentang Kesalahpahaman antar budaya
Adapun tujuan pembelajaran adalah
a. Menjelaskan kesalahpahaman antar budaya
b. Menganalisis kesalahpahaman antar budaya
Sebelumnya silahkan klik Follow untuk mendapatkan informasi terbaru
Pengihitungan room linen dan guest amenities
gurufadly 7.1.21 Pengihitungan room linen dan guest amenities
Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas materi tentang pengihitungan room linen dan guest amenities
Adapun tujuan pembelajaran adalah
a. Tata cara penghitungan room linen
b. Tata cara penghitungan guest amenities
Sebelumnya silahkan klik Follow untuk mendapatkan informasi terbaru
Rabu, 06 Januari 2021
Sistem Layanan Usaha
gurufadly 6.1.21 Sistem Layanan Usaha
Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang sistem layanan usaha.
Adapun Tujuan pembelajaran adalah
a. Mengenal sistem layanan usaha
b. Menentukan sistem layanan usaha
c. Menganalisis Sistem layanan usaha
Sebelumnya silahkan klik Follow untuk mendapatkan informasi terbaru