Selasa, 19 Oktober 2021

Langkah make up room

 a.             Prosedur first checking

Pada saat memasuki kamar hotel, seorang room attendant harus melakukan pengecekan pertama/ first checking terlebih dahulu. Metode ini dilakukan dengan cara :

1)            Mengecek lampu – lampu dengan cara menyalakan lampu tersebut. Hal ini bertujuan utuk mengetahui kondisi lampu, hidup atau tidaknya. Jika lampu dalam kondisi mati maka laporkan kepada bagian engineering

2)            Periksa keadaan seluruh fasilitas yang ada di kamar

3)            Buka gorden/ tirai jendela, lalu nyalakan ac dengan suhu ruangan

4)            Periksalah sampah yang terdapat di dalam kamar tidur dan kamar mandi, kemudian masukkan ke dalam garbage humper

5)            Keluarkan dan letakkan peralatan kebersihan pada bagian luar pintu kamar

6)            Jika ada pakaian tamu yang akan dicuci, maka masukkan ke dalam laundry bag, kemudian isi form pada laundry list dengan menuliskan nomor kamar tamu. Berikan salinan laundry list pada tamu dan masukkan laundry bag ke dalam trolley untuk dilanjutkan ke bagian laundry

7)            Jika ada barang tamu yangg tertinggal, segera hubungi front office dan lakukan pencatatan pada form lost and found dengan menuliskan jenis barang yang tertinnggal dan nomor kamar tamu

 

b.            Prosedur pembersihan kamar tidur

Kamar tamu dalam sebuah hotel terdiri dari dua ruangan, yaitu kamar tidur dan kamar mandi. Kedua ruangan ini harus dibersihkan dan dijaga kerapihannya untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada tamu.

Ada beberapa teknik dan metode yang dipakai dalam melakukan pembersihan kamar tidur, yaitu :

1)            Dusting

Dusting merupakan teknik pembersihan debu menggunakan kain lap kering (Dry Cloth). Dusting dipakai pada semua perabot atau fasilitas kamar.

2)            Dumn dusting

Dumn dusting adalah teknik membersihkan debu menggunakan lap yang lembab atau setengah basah agar debu menempel pada kain lap tersebut.

3)            Polishing

Polishing merupakan proses perawatan perabotan yang terbuat dari kayu seperti lemari dan meja rias.

4)            Glass wiping

Glass wiping adalah teknik pembersihan permukaan kaca seperti cermin (full length mirror, dressing mirror dan wash basin mirror) dan kaca penutup jendela menggunakan glass wiper

5)            Vacuuming

Vacuuming dilakukan untuk membersihkan karpet pada lantai kamar tidur. Alat

Langkah – langkah yang harus dilakukan untuk membersihakan kamar tidur adalah sebagai berikut :

1)            Sebelum melakukan pembersihan kamar, pindahkan barang – barang yang terletak di atas meja untuk memudahkan pekerjaan

2)            Lipatlah lap dengan rapi lalu bersihkan semua perabotan kamar. Pastikan agar tidak ada bagian yang terlewatkan. Lakukan pembersihan dengan teratur dan berurutan

3)            Mulailah mengerjakan kegiatan pembersihan dari serambi kamar atau tempat lain yang telah ditentukan, kemudian lakukan secara berurutan, berputar sesuai dengan arah jarum jam atau sebaliknya

4)            Semir perabotan atau perlengkapan kamar dengan menggunakan kain lap yang sudah bercampur dengan furniture polish secara berkala. Perhatikan juga bagian yang terkecil seperti laci, meja dan bola lampu. Bersihkan juga fasilitas kamar yang bisa di angkat seperti lampu duduk dan vas bunga

5)            Setelah semuanya bersih dari debu, letakkan lap lemut (soft cloth) pada tempatnya, kemudian ambil perlengkapan dan bahan pembersih kaca untuk membersihkan kaca jendela dan cermin dengan metode glass wiping

Setelah perlengkapan kamar tidur dibersihkan, lengkapi guest supplies kamar tidur, seperti :

1)            Night table

Pada bagian atas night table, diletakkan sebuah memo pad, satu buah pulpen, satu buah message form dan satu lembar telephone tend card. Pada bagian bawah night table diletakkan sebuah telephone directory dan sebuah majalah atau surat kabar. (Hal di atas tergantung masing – masing hotel).

1)            Dressing table

Pada bagian atas dressing table diletakkan amenities yang terdiri dari coffey maker, fruit basket dan lain – lain. 

2)            Wardrobe

Di dalam wardrobe terdapat gantungan baju, laundry list, laundry bag, slipper dll

3)            Door knob

Amenities pada door knob adalah selembar kartu do not disturb atau please make up room. Fungsinya adalah untuk memberi tahu kepada room attendant kamar yang tidak boleh diganggu atau memerlukan pembersihan kamar dengan segera

 

a.             Prosedur pembersihan kamar mandi 

Kegiatan membersihkan kamar mandi biasanya dilakukan setelah pembersihan kamar tidur. Berikut adalah langkah – langkah dalam membersihkan kamar mandi :

1)      Persiapan

Pada tahap persiapan adalah dengan memastikan ketersedian alat dan bahan yang digunakan untuk membersihkan kamar mandi sudah lengkap.

Peralatan diletakkan di dalam caddy carry yang berisikan toilet bowl brush, hand brush stick, sopnge, glass wiper, glass cleaner, chamois, cotton cloth, hand glove, dan masker. Bahan pembersih yang di bawa biasanya glass cleaner, multi purpose chemical, floor cleaner, furniture polish dan metal polish.

 

2)      Langkah – langkah memmbersihkan kamar mandi

a)      Letakkan caddy carry di tempat aman, tidak menghalangi jalan keluar masuk kamar mandi

b)      Gunakan protective equipment seperti hand glove dan masker

c)      Siram toilet bowl dengan flusher untuk membuang kotoran yang masih tertinggal di toilet bowl. Selanjutnya tuangkan secukupnya toilet bowl cleaner dan biarkan sampai bahan pemmbersih tersebut beraksi

d)     Cuci gelas dengan menggunakan sponge dan liquid soap, kemudian rendam dengan air hangat dalam wash basin. Setelah itu, keringkan gelas dengan lap  kering, kemudian letakkan gelas di atas meja wash basin

e)      Bersihkan cermin yang terpasang di atas wash basin menggunakan glass cleaner dan glass wiper.

f)       Bersihkan meja wash basin dan sekelilingnya menggunakan campuran air dan sabun cair, kemudian gososk permukaan wash basin dengan spons. Bersihkan keran dan pipa air wash basin, kemudian bilas dengan air secukupnya. Bersihkan saringan air di wash basin dan pastikan tidak ada kotoran yang mengendap di saluran air

g)      Bersihkan bath up menggunakan spons yang sudah diberi cairan pembersih.

h)      Bersihkan tirai kamar mandi dengan peralatan yang sudah dipersiapkan, kemudian lap dan keringkan dengan cotton cloth

i)        Bersihkan toilet bowl yang sudah diberi bahan pembersih kimia dan gosok menggunakan toilet bowl brush secara merata sampai semua kotoran terlepas. Siram toilet bowl dengan flusher sampai busa menghilang seluruhnya.

j)        Gosok tangki air, pipa air, tempat duduk dan bagian bawah toilet bowl dengan spons yang sudah diberikan sabun dan disinfektan, kemudian bilas dengan air bersih

k)      Bersihkan bagian luar dan dalam kamar mandi menggunakan lap katun

l)        Bersihkan kamar mandi dengan mop yang sudah diberi bahan pembersih lantai, kemudian keringkan

m)    Jika sudah dibersihkan, letakkan seluruh peralatan pada room attendant trolley

 

3)      Melengkapi guest suplies kamar mandi

Guest amenities yang terdapat di kamar mandi adalah sebagai berikut :

a)      Bath – up

Pada umumnya dilengkapi dengan bath mat, shower gel, shampoo.


b)      Wash basin

Dilengkapi dengan dua buah gelas untuk menggosok gigi, set guest supplies dalam wadah (bath soap, bath foam, comb, disposal bag, cotton bud, shampoo, conditioner, toot brush and paste, sanitary bag dan shower cap


c)      Toilet bowl

Dilengkapi dengan toilet bowl tissue, sanitary bag dan diletakkan bath mat di atasnya

d)     Towel rack

Dilengkapi dengan bath towel, hand towel dan face towel


b.            Prosedur final check

Setelah semua kegiatan dilakukan di atas, maka langkah terakhir adalah melakukan final check. Final check adalah kegiatan melakukan pemeriksaan terhadap kamar yang sudah selesai dibersihkan. Kegiatan ini dilakukan searah dengan jarum jam atau sebaliknya. Seperti :

1)      Periksa seluruh furniture atau fasilitas kamar yang sudah dibersihkan apakah benar – benar sudah bersih

2)      Periksa jendela kamar, pastikan jendela telah ditutup sesuai dengan standar

3)      Periksa tirai kamar, pastikan tirai kamar telah ditutup atau dibuka sesuai dengan SOP hotel yang telah ditentukan

4)      Periksa seluruh amenities yang sudah dilengkapi, pastikan amenities telah lengkap sesuai dengan SOP hotel

5)      Periksa dan Pastikan lampu kamar tamu, AC dan TV berfungsi dengan baik

6)      Periksa dan pastikan cleaning equipment, chemical dan amenities di kamar tamu tidak ada yang tinggal

7)      Setelah mengecek kamar tamu, pastikan kamar yang sudah dibersihkan benar – benar siap untuk ditempati oleh tamu

8)      Semprotkan air freshener yang beraroma harum

9)      Tutup pintu kamar 


DAFTAR PUSTAKA

 

            . 2019. (Internet) tersedia di http://lomboksociety.web.id di akses 24 Oktober 2019

 

Badan Pusat Statidtik. 2002. Statistik Indonesia 2002. Jakarta : Badan Pusat Statistik

 

Ni Wayan, Suwithi, dkk. 2008. Akomodasi Perhotelan Jilid 2. Jakarta : Dit PSMK

 

 Suparni, Nyoman Aris, dkk. 2019. Housekeeping. Jakarta : Penerbit Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar