Sabtu, 17 Agustus 2024

Koneksi Antar Materi Modul : Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

1.4.h. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.4 oleh Fadly Fadly

Demosntari Kontekstual modul 1.4 Budaya Positif

1.4.h. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.4 oleh Fadly Fadly

Aksi Nyata Modul 1.1 Penerapam Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

AKSI NYATA oleh Fadly Fadly

Aksi Nyata Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

 

Tugas 1.2.h. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 oleh Fadly Fadly

Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Tugas 1.2.h. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 oleh Fadly Fadly

Demonstrasi kontekstual modul 1.1 Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1 by FadLy oleh Fadly Fadly

Demonstrasi kontekstual modul 1.3 guru penggerak

1.3.h. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1,3 oleh Fadly Fadly

Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

 

Aksi Nyata Modul 1.3 Visi guru penggerak oleh Fadly Fadly

Rabu, 14 Agustus 2024

Struktur Organisasi dari front office hotel

Struktur Organisasi front Office


Sumber : https://akomodasiperhotelan.wordpress.com/wp-content/uploads/2012/05/struktur-organisasi-fo.jpg 

 

Job Profile ; Front Desk Agent

(Sumber : https://www.tripadvisor.co.id/LocationPhotoDirectLink-g608487-d7136566-i304391493-Bali_Chaya_Hotel-Legian_Kuta_District_Bali.html)

Front Desk Agent (FDA) merupakan posisi kunci dalam industri perhotelan yang bertanggung jawab atas interaksi pertama antara tamu dan hotel. Mereka berperan dalam memastikan tamu mendapatkan pengalaman yang positif dari saat mereka tiba hingga ia pergi. 

Posisi ini membutuhkan keterampilan komunikasi, organisasi dan pelayanan pelanggan yang kuat

Tanggung Jawab

  • Menyambut tamu dengan ramah dan profesional
  • melakukan proses check-in dan check-out, termasuk pemprosesan pembayaran dan pengelolaan akun tamu
  • mengelola reservasi dan memastikan data tamu diperbahrui dengan benar
  • menangani pertanyaan, keluhan, dan permintaan tamu secara efisien
  • berkoordinasi dengan departemen lain untuk memenuhi kebutuhan tamu
  • memelihara area front desk yang bersih dan teratur
  • mengelola komunikasi antara tamu dan hotel serta antara berbagai departemen dalam hotel
  • memproses dan mengelola informasi administratif dan keuangan seperti pembayaran dan laporan harian
  • mengawasi keamanan area resepsionis dan menjaga kerahasiaan tamu
  • memperkenalkan dan mempromosikan layanan tambahan hotel, seperti paket wisata dll
Kualifikasi dan persyaratan
  • Pendidikan, Minimal SMA/ SMK Sederajat, Diploma atau Strata 1 dalam bidang perhotelan, pariwisata atau manajemen meupakan nilai tambah
  • pengalaman, Minimal 1 tahun di bidang layanan pelanggan atau FDA
  • keterampilan komunikasi, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, dalam bahasa indonesia, bahasa inggris atau bahasa asing lainnya
  • keterampilan komputer, berpengalaman dengan sistem manajemen hotel seperti PHP, dll
  • Keterampilan layanan pelanggan, kemampuan untuk memberikan pelayanan dengan ramah, efisien dan profesional kepada tamu
  • Penampilan profesional, berpenampilan bersih dan rapi dengan sikap profesional yang positif
  • Fleksibilitas waktu, mampu bekerja dalam shift, termasuk shift malam, akhir pekan dan hari libur
  • Keterampilan multitasking, kemampuan untuk menangani beberapa tugas sekaligus dilingkungan yang sibuk
Lingkungan kerja
FDA bekerja di area resepsionis hotel, yang menajadi pusat aktivitas dengan aliran tamu yang konstan

Rabu, 07 Juni 2023

Mengganti kampas rem cakram (depan) toyota agya/ ayla manual

Guru Fadly Mengganti kampas rem cakram mobil toyota agya/ Ayla manual

Agar kita bisa memperbaiki/ mengganti kampar rem cakram sebaiknya kita memperhatikan komponen rem cakram di bawah ini :



(Sumber : www.otomotifer.com)

Langkah  - Langkah penggantian rem cakram mobil


  • Persiapkan alat dan bahan
  • Kendorkan mur roda

Selasa, 11 Januari 2022

Jenis - Jenis Layanan Usaha

Guru Fadly Jenis - Jenis Layanan Usaha

Winardi (dalam situs https://administrasiperkantoran784506119.wordpress.com) menyatakan bahwa pelayanan adalah bentuk pemberian layanan yang diberikan oleh produsen terhadap pengguna barang/jasa yang ditawarkan.

Di dalam situs https://administrasiperkantoran784506119.wordpress.com dijelaskan bahwa ada berbagai macam jenis - jenis layanan usaha seperti :

1. Layanan Usaha menurut alur pelayanannya
    
    a. Pelayanan Internal
        - Pelayanan Vertikal
        - Pelayanan Horizontal
        
    b. Pelayanan Eksternal
        - Pelayanan Makro
        - Pelayanan Mikro

2. Layanan Usaha menurut Pelanggan yang menikmatinya

    1. Pelayanan sebelum transaksi.
    2. Pelayanan saat transaksi.
    3. Pelayanan setelah transaksi.

3. Layanan Usaha menurut bentuknya
   
    1. Layanan dengan lisan
    2. Layanan dengan tulisan
    3. Layanan dengan perbuatan.

Selasa, 19 Oktober 2021

Langkah make up room

 a.             Prosedur first checking

Pada saat memasuki kamar hotel, seorang room attendant harus melakukan pengecekan pertama/ first checking terlebih dahulu. Metode ini dilakukan dengan cara :

1)            Mengecek lampu – lampu dengan cara menyalakan lampu tersebut. Hal ini bertujuan utuk mengetahui kondisi lampu, hidup atau tidaknya. Jika lampu dalam kondisi mati maka laporkan kepada bagian engineering

2)            Periksa keadaan seluruh fasilitas yang ada di kamar

Kamis, 15 Juli 2021

Memahami laundry section

gurufadly 15.07.21 Memahami Laundry Section

Pada pembahasan kita kali ini kita akan membahas tentang laundry section. Fasilitas yang ada pada hotel hampir sama dengan rumah, Perbedaannya pada rumah semua dikerjakan dengan gratis dan di hotel semuanya berbayar. Termasuk di dalamnya laundry

Sebelumnya silahkan klik Follow untuk mendapatkan informasi terbaru

Rabu, 14 Juli 2021

Memahami kewirausahan dan wirausaha

gurufadly 14.07.21 Memahami Kewirausahaan dan Wirausaha

Pada pembahasan kita kali ini kita akan mengkaji tentang kewirausahan dan wirausaha dengan menggunakan metode , What, Who, When, Why, Where (5W) dan How (H).

Sebelumnya silahkan klik Follow untuk mendapatkan informasi terbaru

Kompetensi Dasar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Perhotelan SMK Kelas XI

gurufadly 04.07.21 Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan  SMK Perhotelan

Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan termasuk ke dalam mata pelajaran produktif. Kompetensi Dasar ini digunakan pada kelas XI dengan jumlah jam 7 Jam Pelajaran (JP) perminggunya. Adapun kompetensi dasarnya adalah sebagai berikut :

Sebelumnya silahkan klik Follow untuk mendapatkan informasi terbaru

Kompetensi Dasar Laundry Kelas XI

gurufadly 14.07.21 Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Laundry SMK Perhotelan

Berikut ini adalah kompetensi dasar yang akan kita capai dalam mata pelajaran laundry Kelas XI  dalam satu tahun ini : 


Kamis, 14 Januari 2021

menangani kesalahpahaman antar budaya

gurufadly 14.1.21 Menangani kesalahpahaman antar budaya

Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang menangani kesalahpahaman antar budaya.

Adapun Tujuan pembelajaran adalah 

a. Menangani kesalahpahaman antar budaya

Sebelumnya silahkan klik Follow untuk mendapatkan informasi terbaru

Melakukan penghitungan room linen inventory

gurufadly 14.1.21 Melakukan penghitungan room linen inventory

Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang melakukan penghitungan room linen inventory.

Adapun Tujuan pembelajaran adalah 

a. Melakukan  penghitungan room linen inventory

Sebelumnya silahkan klik Follow untuk mendapatkan informasi terbaru