Selasa, 10 November 2020

Cara Orang Sukses Melihat Peluang Usaha

Bob Sadino mengatakan bahwa sebaik - baik usaha adalah usaha yang dilakukan bukan usaha yang direncanakan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam memulai usaha dengan melihat peluang usaha yang ada di sekitar kita, caranya???

Dalam sebuah buku atau video yang pernah saya baca/ dengar ada hal menarik yang bisa dijadikan pelajaran dalam cara melihat sebuah peluang. 

Salah seorang sukses mengatakan di awal sebuah karirnya dia melihat peluang dari membandingka sebuah telur yang ada di dalam negeri dengan luar negeri. 

Dalam pikirannya mungkin, kenapa telur dalam negeri lebih kecil dibandingkan dengan telur luar negeri khususnya di Eropa? apa yang menyebabkan perbedaan ini? Bagaimana membuat telur yang sama dengan yang ada di Eropa? Kita kan tinggal di lingkungan yang banyak bulenya, kalau kita jual telur yang sama dengan dinegeranya pasti akan laku, Di samping itu karena fasih berbahasa inggris akan lebih mudah untuk memasarkannya.

Selain itu, ada juga orang sukses yang memulai usahanya dengan cara membuat aplikasi, salah satunya mungkin adalah Gojeknya Pak Menteri Pendidikan kita, 

Menurut pendapat pribadi saya sih, mungkin dia mulai usaha karena repotnya mencari ojek sehingga di buat aplikasi yang memudahkan orang, orang tidak harus pergi ke pangkalan untuk memesan ojek, tinggal buka aplikasi, maka ojek akan datang menjemput. harga yang di tawarkan juga cukup murah. Dari segi tukang ojeknya juga akan memudahkan mencari penumpang, dia juga dapat uang langsung dari pemakai ojek ditambah dengan bonus yang akan di terima dari aplikasi, istilahnya win - win solutions!

Hebat pemikiran orang sukses kan, hanya dengan membandingkan telur dan memudahkan orang dalam mendapatkan ojek saja dia bisa sukses... LUAR BIASA BUKAN....

Pertanyaan yang seharusnya kita tanyakan kepada diri kita sendiri adalah bagaimana sih melihat peluang usaha? apa yang harus dilakukan?

Lihatlah sekeliling tempat kita, perhatiakan dengan seksama dan carilah peluang usaha yang bisa kita lakukan.

Misalkan di daerah kita banyak jagung. Usaha yang dapat kita lakukan bisa dimulai dari menjual pupuk untuk jagung, menjual bibit jagung, menjual peralatan yang berhubungan dengan petani jagung, menyediakan mesin pengolah jagung.

Disamping itu kita juga bisa mungkin menjual jagung rebus, jagung bakar, atau mungkin mengolah jagung menjadi keripik/ snack ringan seperti tortila jagung dll

Jagung yang siap di olah juga bisa dijual ke daerah lain, nah disini usaha yang dapat kita lakukan adalah menyediakan alat transportasi untuk mengangkut olahan jagung tempat lainnya. Di samping itu kita juga bisa membeli produk di daerah tempat kita mengantar jagung tadi, kemudian kita jual juga di daerah kita.

Ada banyak metode untuk melihat peluang, jika sekarang di masa pandemi covid 19, maka yang menjadi kebutuhan pokok kita adalah masker. 

Usaha yang dapat kita lakukan adalah dengan menjadi pengrajin masker, pemasok masker atau bahan baku masker, dll

Orang hebat selalu memanfaatkan peluang atau menciptakan peluang dari keadaan disekitarnya!!!

Selamat berwirausaha!!!

"Sekecil apapun usaha kita, kita adalah bosnya, sebesar apapaun jabatan kita, kita tetap adalah anak buah"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar