Sabtu, 17 Agustus 2024
Unggah Tugas Ruang Kolaborasi Modul 1.3
Tugas 1.3.g.2 Unggah Tugas Ruang Kolaborasi Modul 1.3 Rencana Prakarsa Perubahan FADLY oleh Fadly Fadly
Rabu, 14 Agustus 2024
Struktur Organisasi dari front office hotel
Struktur Organisasi front Office
Sumber : https://akomodasiperhotelan.wordpress.com/wp-content/uploads/2012/05/struktur-organisasi-fo.jpg
Job Profile ; Front Desk Agent
(Sumber : https://www.tripadvisor.co.id/LocationPhotoDirectLink-g608487-d7136566-i304391493-Bali_Chaya_Hotel-Legian_Kuta_District_Bali.html)
Front Desk Agent (FDA) merupakan posisi kunci dalam industri perhotelan yang bertanggung jawab atas interaksi pertama antara tamu dan hotel. Mereka berperan dalam memastikan tamu mendapatkan pengalaman yang positif dari saat mereka tiba hingga ia pergi.
Posisi ini membutuhkan keterampilan komunikasi, organisasi dan pelayanan pelanggan yang kuat
Tanggung Jawab
- Menyambut tamu dengan ramah dan profesional
- melakukan proses check-in dan check-out, termasuk pemprosesan pembayaran dan pengelolaan akun tamu
- mengelola reservasi dan memastikan data tamu diperbahrui dengan benar
- menangani pertanyaan, keluhan, dan permintaan tamu secara efisien
- berkoordinasi dengan departemen lain untuk memenuhi kebutuhan tamu
- memelihara area front desk yang bersih dan teratur
- mengelola komunikasi antara tamu dan hotel serta antara berbagai departemen dalam hotel
- memproses dan mengelola informasi administratif dan keuangan seperti pembayaran dan laporan harian
- mengawasi keamanan area resepsionis dan menjaga kerahasiaan tamu
- memperkenalkan dan mempromosikan layanan tambahan hotel, seperti paket wisata dll
Kualifikasi dan persyaratan
- Pendidikan, Minimal SMA/ SMK Sederajat, Diploma atau Strata 1 dalam bidang perhotelan, pariwisata atau manajemen meupakan nilai tambah
- pengalaman, Minimal 1 tahun di bidang layanan pelanggan atau FDA
- keterampilan komunikasi, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, dalam bahasa indonesia, bahasa inggris atau bahasa asing lainnya
- keterampilan komputer, berpengalaman dengan sistem manajemen hotel seperti PHP, dll
- Keterampilan layanan pelanggan, kemampuan untuk memberikan pelayanan dengan ramah, efisien dan profesional kepada tamu
- Penampilan profesional, berpenampilan bersih dan rapi dengan sikap profesional yang positif
- Fleksibilitas waktu, mampu bekerja dalam shift, termasuk shift malam, akhir pekan dan hari libur
- Keterampilan multitasking, kemampuan untuk menangani beberapa tugas sekaligus dilingkungan yang sibuk
Lingkungan kerja
FDA bekerja di area resepsionis hotel, yang menajadi pusat aktivitas dengan aliran tamu yang konstan
Rabu, 07 Juni 2023
Mengganti kampas rem cakram (depan) toyota agya/ ayla manual
Guru Fadly Mengganti kampas rem cakram mobil toyota agya/ Ayla manual
Agar kita bisa memperbaiki/ mengganti kampar rem cakram sebaiknya kita memperhatikan komponen rem cakram di bawah ini :
(Sumber : www.otomotifer.com)
Langkah - Langkah penggantian rem cakram mobil
- Persiapkan alat dan bahan
- Kendorkan mur roda
Sabtu, 14 Mei 2022
Selasa, 11 Januari 2022
Jenis - Jenis Layanan Usaha
Guru Fadly Jenis - Jenis Layanan Usaha
Winardi (dalam situs https://administrasiperkantoran784506119.wordpress.com) menyatakan bahwa pelayanan adalah bentuk pemberian layanan yang diberikan oleh produsen terhadap pengguna barang/jasa yang ditawarkan.Di dalam situs https://administrasiperkantoran784506119.wordpress.com dijelaskan bahwa ada berbagai macam jenis - jenis layanan usaha seperti :
1. Layanan Usaha menurut alur pelayanannya
a. Pelayanan Internal
- Pelayanan Vertikal
- Pelayanan Horizontal
b. Pelayanan Eksternal
- Pelayanan Makro
- Pelayanan Mikro
2. Layanan Usaha menurut Pelanggan yang menikmatinya
1. Pelayanan sebelum transaksi.
2. Pelayanan saat transaksi.
3. Pelayanan setelah transaksi.
3. Layanan Usaha menurut bentuknya
2. Layanan dengan tulisan
3. Layanan dengan perbuatan.
Langganan:
Postingan (Atom)